34 Tempat Wisata Di Kota Serang Banten

Tempat Wisata Di Kota Serang

Tempat Wisata Di Kota Serang - Siapa yang tidak kenal dengan kota Serang, sebuah kota yang menjadi Ibu Kota Provinsi Banten. Banyak hal yang menarik didalam kota ini. Bahkan kota ini disebut sebagai pusat budaya Sunda Banten.

Tidak hanya itu, kota di Banten ini memiliki berbagai macam wisata yang bisa membuat kalian terpesona dengan landscape alamnya yang indah. Mulai dari pantai, air terjun atau curug, perbukitan, hingga wisata religinya yang begitu terkenal.

Jika kalian berkunjung ke Kota Serang Banten ini, berikut ini informasi seputar Wisata Banten yang bisa kalian kunjungi bersama keluarga di Kota Serang.

Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten merupakan wisata religi di yang penuh sejarah. Masjid ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Banten. Dari masjid inilah kita tau bahwa Kerajaan Banten merupakan salah satu kerajaan Islam di Indonesia.

Lokasi dari Masjid Agung Banten ini berada di Desa Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten. Kalian bisa berkunjung kesini untuk mengenal sejarah di Indonesia, sekaligus berwisata religi. Tentu liburan kalian akan sangat menarik.

Bendungan Sindang Heula

Bendungan Sindang Heula

Bendungan Sindang Heula merupakan sebuah bendungan pengendali banjir yang dibangun pada tahun 2015 dan diresmikan pada tahun 2021 oleh Presiden Republik Indonesia Pak Joko Widodo yang sering disapa dengan nama Pak Jokowi.

Bendungan ini menjadi viral karena banyaknya wisatawan lokal yang berselancar dispilway pada saat bendungan ini belum dibuka. Walau dinyatakan berbahaya namun masih saja terdapat wisatawan lokal yang melakukan ini.

Selain viralnya berita itu, daya tarik lainnya ada pada pemandangan sekitar bendungan yang terlihat asri, dengan deretan pepohonan rindang serta luas danau buatan, menjadikan daya tarik tersendiri untuk bendungan ini.

Kerkhoff

Kerkhoff

Kerkhoff merupakan tempat wisata yang penuh sejarah. Terletak dikawasan Benteng Speelwijk, bangunan ini menyimpan banyak sejarah pada masa kesultanan Banten. Dan ini juga bukti dari keinginan penjajah Belanda untuk mengusai tanah Banten.

Bangunan ini sebenarnya merupakan pemakaman para penjajah Belanda dimasa silam. Seperti yang kita ketahui, orang Kriten Belanda memiliki tradisi menguburkan orang-orang yang sudah meninggal samping gereja. Kalian bisa mengunjungi ini untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia dimasa penjajahan Belanda.

Situs Banten Girang

Situs Banten Girang

Situs Banten Girang merupakan salah satu situs yang menjelaskan cikal bakal Banten. Dalam sebuah penelitian oleh Claude Guillot di tahun 1988 sampai dengan 1992, situs ini merupakan bentuk dari pemukiman penduduk. Ini terlihat dari struktur tanah yang berbentuk parit serta dinding tanah yang tidak beraturan.

Tentu kalian bisa belajar tentang perkembangan Provinsi Banten dari situs ini. Sehingga kita akan mengetahui bagaimana leluhur kita di Banten bertahan hidup dan berkembang hingga menjadi kota yang modern ini.

Museum Negeri Banten

Museum Negeri Banten

Museum Negeri Banten merupakan sebuah museum milik Pemerintah Banten. Museum ini berlokasi di gedung bekas Pendopo Gubernur Banten lama. Bangunan ini dahulunya digunakan untuk Kantor Residen Banten di bulan Januari 1821.

Kalian akan belajar banyak disini tentang sejarah Banten, kebudayaan Banten dan lainnya. Yang menarik dari museum ini, teknologi canggih sudah tersedia dan bisa kalian gunakan. Tentu akan mengasikan belajar menggunakan teknologi yang canggih.

Gunung Pinang

Gunung Pinang

Gunung Pinang bisa menjadi tempat wisata yang seru. Berlokasi di perbukitan dengan ketinggian 217 meter, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan ala pegunungan khas Serang, Banten. Serta kalian akan melihat landscape alam daerah Cilegon. DIjamin kalian akan terpukai dengan semua pemandangannya.

Selain itu, banyak sekali spot foto yang instagramable disini. Kalian bisa berfoto dibalon udara dengan latar alam pegunungan yang menyejukan, atau bersantai dengan udara ala pegunungan sambil menikmati kopi hangat di gazebo yang sudah disediakan.

Taman Rekreasi Wulandira

Taman Rekreasi Wulandira

Taman rekreasi wulandira bisa menjadi pilhan yang tepat untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Harga tiket yang murah serta fasilatas yang lengkap untuk anak-anak, akan membuat liburan kalian terasa menyenangkan. Bahkan disini tersedia wahana bermain yang lengkap.

Kalian bisa bersepeda air, menaiki kereta mini, atau menonton hiburan dipanggung hiburan, dijamin semua akan terasa seru dan mengasikan. Kalian juga bisa bersantai diarea lesehan sambil bercanda tawa bersama keluarga tercinta, tentu ini akan menambah keakraban dalam keluarga.

Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama

Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama

Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama adalah museum tepat penyimpanan artefak hasil dari penelitian ditahun 1970. Museum ini dibawah pengawasan Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten. Sehingga sudah bisa dipastikan artefak yang tersimpan pasti terawat dengan baik.

Pada museum ini kita bisa belajar banyak hal, mulai dari sejarah terbentuknya Banten, sejarah tentang kesultanan Banten dan lain sebagainya. Hal yang sangat menarik berwisata edukasi bersama anak tercinta.

Curug Cikotak

Curug Cikotak

Curug Cikotak bisa menjadi tempat wisata di Kota Serang yang bisa kalian pilih. Curug yang memiliki ketinggian 40 meter ini akan membuat kalian terpukau. Karena curug ini dihiasi dengan tebing-tebing yang indah serta pemandangan alam yang eksotis.

Kalian bisa mengunjungi pada musim terang. Karena pada musim itu air lebih jernih dibandingkan dengan musim penghujan. Kalian bisa bersantai sambil minum kopi ditemani dengan suasana alam yang menenangkan dan desiran air terjun yang mengasikan.

Keraton Surosowan

Keraton Surosowan

Keraton Surosowan merupakan bangunan peninggalan Kerajaan Banten. Bangunan ini merupakan tempat tinggal sultan dan juga keluarganya pada masa kerjaan dahulu. Bangunan ini juga merupakan saksi kemerdekaan Kerajaan Banten.

Kalian bisa berkunjung dan mengenang masa Kerajaan Banten dahulu. Kalian bisa melihat bentuk dari tempat tinggal sultan dijaman Kerajaan Banten. Walau sudah berbentuk puing-puing, namun masih banyak bangunan-bangunan yang terbentuk setalah dilakukannya pemugaran.

Gapura Kaibon

Gapura Kaibon

Gapuraa Kaibon merupakan sebuah gapura yang melambangkan Provinsi Banten merupakan gerbang perekonomian dan lalu lintas internasional. Di tempat wisata di Kota Serang ini, kalian akan melihat sebuah gapura yang sangat khas akan tradisi Banten.

Selain itu, objek wisata Banten ini terlihat sangat tenang, kalian akan merasakan sensai yang berbeda dengan perkotaan. Sehingga kalian benar-benar bisa refreshing sejenak sambil berwisata sejarah.

Curug Leuwi Tomo

Curug Leuwi Tomo

Curug Lewi Tomo menjadi tempat wisata di Kota Serang yang mempesona. Suasana alam yang menenagkan ditambah dengan segarnya air terjun, membuat semua lelah kalian selama aktifitas sehari-hari akan hilang. Ditambah lagi air disini bersih, tentu ini akan menajadi tempat yang cocok untuk melepas lelah.

Curug Sawer

Curug Sawer

Curug Sawer tidak kalah bagusnya dengan curug sebelumnya. Keasrian alamnya masih terlihat baik. Ditambah kesegaran dan kebersihan air dari curug ini, membuat kalian betah berlama-lama disni.

Masjid Pecinan Tinggi

Masjid Pecinan Tinggi

Masjid Pecinan Tinggi merupakan cagar budaya peninggalan yang sangat penting. Karena bangunan ini merupakan simbol toleransi umat beragama di Provinsi Banten.

Bangunan ini dibangun oleh warga-warga Kampung Cina pada masa Kesultanan Banten. Sehingga masjid ini dinamakan Pecinan yang berarti Perkampungan Cina.

Danau Tasikardi

Danau Tasikardi

Danau Tasikardi merupakan sebuah penampung air yang dibuat pada masa Sultan Maulana Yusuf. Danau ini menjadi sumber air untuk Kraton Surosowan yang memiliki luas 5 hektar.

Selain sejarahnya, alam disekitar danau ini masih terasa sejuk dan nyaman untuk bersantai. Kalian bisa menikmati secangkir kopi hangat sambil menikmati suasa nyaman danau ini.

Goa Cilayang

Goa Cilayang

Goa Cilayang memiliki pemandangan yang sangat eksotis dengan hiasan stalaktit dan stalakmit yang ada di dalam goa. Selain itu terdapat penghuni goa berupa kekelawar yang bisa membuat kalian terpukau.

Namun banyak orang yang menganggap bahwa goa ini keramat, sehingga kami sangat mengharapkan kalian menjaga dan menjunjung tinggi adat yang berlaku disana. Agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Pantai Labuan

Pantai Labuan

Pantai Labuan merupakan salah satu tempat wisata di Kota Serang yang bisa memberikan kalian suasana pantai yang tenang. Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil sehingga kalian bisa berenang dibibir pantai.

Curug Betung

Curug Betung

Curug Betung merupakan sebuah air terjun yang memiliki ketinggian 1,5 meter. Pemandangan disekitarnya akan membuat kalian terpesona.

Namun untuk mendapatkan semua itu, kalian harus berjalan menelusuri hutan rindang. Dalam perjalanan, kalian akan ditemani oleh aliran air jernih dari curug tersebut.

Benteng Speelwijk

Benteng Speelwijk

Benteng Speelwijk merupakan sebuah benteng peninggalan Bangsa Belanda. Benteng ini dirancang oleh Hendrick Loocaszoon Cardeel di abad-17. Benteng ini merupakan simbol kekuasaan Bangsa Belanda setelah Sultan Haji bekerjasama dengan VOC.

Banyak sejarah yang tersimpan dalam benten ini. Selain itu suasana yang tenang serta hamparan rumput disekitar bangunan ini bisa membuat kalian nyaman berada disana.

Danau Rawa Dano

Danau Rawa Dano

Danau Rawa Dano merupakan kawasan cagar budaya dengan luas 2.500 hektar. Danau ini merupakan rawa satu-satunya yang ada di daerah pegunungan di Pulau Jawa.

Kalian bisa menikmati pemandangan indah gunung purba serta menikmati kesejukan udara ala pegunungan. Tentu akan menjadi liburan yang tidak terlupakan.

Cagar Alam Pulau Dua

Cagar Alam Pulau Dua

Cagar Alam Pulau Dua atau yang dikenal dengan pulau burung merupakan sebuah pulau tempat persinggahan burung ketika bermigrasi.

Dipercaya dahulu pulau ini terpisah dengan Pulau Jawa oleh selat selebar 500 meter. Namun karena air yang surut, datarannya menyatu dengan Pulau Jawa.

Pemandangan yang indah, serta desiran ombak yang menyejukan akan membuat kalian terpesona dengan pulau ini. Kalian bisa ajak keluarga tercinta untuk berlibur disini, pasti akan sangat mengasikan.

Curug Cigumawang

Curug Cigumawang

Curug Cigumawang merupaka sebuah air terjun yang indah. Dengan airnya yang bersih, kesegaran air khas pegunungan serta pemandangan disekitarnya, membuat kalian betah berlama-lama disini. Kalian bisa bersantai sambil menikmati suasa yang merileksasikan ini.

Pantai Lontar

Pantai Lontar

Pantai Lontar merupakan pantai yang paling indah diantar pantai lainnya. Ini terbukti dengan sering dijadikannya pantai ini untuk kebutuhan potret pra-wedding. Selain itu kalian juga bisa menaiki perahu sambil menikmati indahnya lautan.

Pulau Sangiang

Pulau Sangiang

Pulau Sangiang merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Selat Sunda, selat yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatra. Terdapat pantai yang sangat luas dibandingkan dengan pantai di daerah Banten. Kalian juga bisa berseru-seruan dengan mencoba wahana yang ada disana.

Rawa Arum

Rawa Arum

Rawa Arum merupakan danau yang indah dengan dihiasi pepohonan dan juga bunga-bunga teratai. Kalian akan melihat bukit-bukit hijau menghiasi danau ini. Tentu semua pemandangan itu akan membuat kalian betah berlama-lama disini.

Curug Leuwi Bumi

Curug Leuwi Bumi

Curug Leuwi Bumi merupakan air terjun dengan ketinggian kurang lebih 3 sampai dengan 5 meter yang saling bersebelahan. Kejernihan airnya serta rindangnya pepohonan akan membuat kalian terpesona.

Curug ini juga sangat cocok untuk kalian berreflesing, karena kesegaran air serta demaian suana alam yang sangat terasa.

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong memiliki keunikan tersendiri. Terdapat sebuah batu karang yang bolong pada tengahnya dan membentuk seperti gerbang.

Selain keunikannya itu, kalian juga akan disuguhkan dengan suara desiran ombak yang menenangkan serta pasir putih yang terhampar luas. Pasti akan seru berwisata disini bersama keluarga tercinta.

Pantai Pasir Putih Florida

Pantai Pasir Putih Flurida Anyer

Pantai Pasir Putih FLorida akan menjadi tempat yang romatis di Serang Banten yang bisa kalian kunjungi. Terutama pada suasana sore hari. Kalian akan disuguhkan hamparan pasir putih, sesiran ombak serta pemandangan sunrise yang romantis.

Pantai Marina Anyer

Pantai Mariana Anyer

Pantai Marina Anyer merupakan pantai yang bisa membuat kalian terpesona. Hamparan pasir putih yang luas, birunya air laut menjadi daya tarik tempat yang satu ini. DItambah lagi pohon kelapa yang menghiasi pinggir pantai ini, tentu semua itu akan membuat kalian ingin berlama-lama disini.

Banten Lama

Cagar Budaya Banten Lama

Banten Lama merupakan tempat wisata di Kota Serang yang bertemakan wisata religi. Disini merupakan tempat pemakaman Sultan Maulana Hasanudin. Disekitar sana juga terdapat bekas bangunan sebuah keraton yang disebut Surosowan. Kalian bisa berziarah sambil wisata edukasi disini.

Pantai Marbella

Pantai Marbella

Pantai Marbella merupakan tempat wisata di Kota Serang yang masih dengan keindahan pesisir pantainya. Kalian bisa terpesona dengan pemandangan birunya air laut serta hamparan pasir putihnya. Tentu dipantai ini kalian bisa bersantai sambil bercanda bersama keluarga tercinta.

Pantai Sambolo

Pantai Sambolo

Pantai Sambolo memiliki kebersihan yang terjaga. Kalian akan diberikan pemandangan ala pesisir pantai serta suasana yang romantis tentunya. Tempat wisata di Kota Serang ini juga memberikan berbagai wahana permainan yang bisa kalian coba.

Rumah Hutan Cilowong

Rumah Hutan Cilowong

Rumah Hutam Cilowong sangat cocok untuk kalian yang ingin merasakan hidup dengan suasana alam yang sejuk dan kesegaran udaranya. Karena disini kalian akan disuguhkan hutan yang luas dan juga rumah dari kayu yang unik. Kalian juga bisa berselfi ria disini.

Pulau Lima

Pulau Lima

Pulau Lima merupakan pulau yang sedang dikembangkan oleh pemerintah. Kalian bisa menjangkau pulau ini melalui pelabuahan Karangwatu melalui jalur laut dengan jarak tempuh 20 menit.

Kalian bisa seru-seruan bersama keluarga dengan mencoba berbagai wahana yang ada disana. Terdapat berbagai wahana permainan seperti snorkeling, banana boat dan yang lainnya.

Itulah 34 Tempat Wisata Di Kota Serang Banten yang bisa kalian kunjungi bersama keluarga tercinta ataupun sahabat terdekat kalian. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam menentukan tempat wisata yang akan kalian kunjungi dihari libur.

Jika tedapat pertanyaan terkait artikel ini, kalian bisa tuliskan dikolom komentar. Terima Kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak