Bendungan Sindang Heula, Wisata Buatan Yang Eksotis

Bendungan Sindang Heula, Wisata Buatan Yang Eksotis

Bendungan Sindang Heula merupakan sebuah bendungan yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Pak Joko WIdodo pada tahun 2021 silam.

Bendungan ini dibuat sejak tahun 2015, dengan tujuan mengendalikan banjir yang sering terjadi pada wilayah Serang dan juga sekitarnya.

Tempat Wisata Di Kota Serang ini memiliki daya tarik tersendiri, diantaranya adalah pada landscape pemandangan yang indah. Karena letak dari bendungan ini berada pada daerah perbukitan, sehingga begikental dan terasa pemandangan ala pegunungan dan pepohonan yang rindang.

Selain itu, bentuk dari arsitektur bendungan ini terlihat begitu menarik. Dengan jembatan panjang yang dihiasi lampu-lampu taman pada sisi kiri dan kanannya. Benar-benar membuat kita terpesona.

Bendungan yang berdiri di sungan Cibanten ini memiliki aliran air yang besarm sehingga membuat air sungai terlihat bersih dan sangat eksotis dengan perpaduan rindangnya pepohonan. Kalian bisa berselfi ria disini.

Hal Menarik Dari Bendungan Sindang Heula

Hal apa saja yang menarik selain penjalan kami diatas? Dan dimana lokasinya? Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Bendungan SIndang Heula yang merupakan Wisata Banten dengan pemandangan yang Eksotis berikut ini.

Memiliki Peran Multifungsi

Seperti yang kami jelaskan diawal, bendungan ini dibangun dari tahun 2015 dan selesai pada tahun 2020. Setelah selesai dibangun, bendungan ini diresmikan pada tahun 2021 oleh Presiden Republik Indonesia Pak Joko Widodo.

Bendungan yang terletak di Desa Sindanghheula ini, dibangun dengan tujuan sebagai pengendali banjir serta sebagai sarana pengairan lahan pertanian warga setempat. Diharapkan dengan adanya bendungan ini, sawah seluas 1.289 hektar bisa terairi dengan baik.

Selain itu, bendungan ini juga memiliki peran untuk memberikan kebutuhan air terhadap industri-industri disekitar, dan juga sebagai pendorong generator pembangkit listrik tenaga air.

Fungsi yang tidak kalah peting adalah sektor parawisata. Diharapkan dengan adanya bendungan ini, bisa mendorong wisata lokal, wisata nasional serta wisata asing berwisata kebendungan ini. Karena itulah bendungan ini dibangun diantara sungai dan perbukitan.

Dengan adanya sungai yang bersih, bendungan yang cantik serta pemandangan perbukitan yang eksotis membuat daya tarik tersendiri dari bendungan ini. Dan diharapkan dengan datangnya wisatawan-wisatawan ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Sangat banyak tugas dari bendungan Sindang Heula ini. Namun dengan begitu, bendungan yang cantik dan eksotis ini bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Viralnya Spillway Bendungan Sindang Heula

Jika kalian mengikuti kabar viral, pasti sudah mengenal bendungan Sindang Heula ini. Para wisatawan lokal menggunakan spillway untuk bermain selancar. Bahkan video mereka beredar luas dan sempat viral sebelum bendungan diresmikan dibuka.

Untuk selancar spillway kami tidak merekomendasikan, ini karena sangat berbahaya, mengingat spillway merupakan jalur pembuangan air ketika bendungan melebihi kapasitasnya.

Bahkan karena dinilai bahaya, pihak pengelola bendungan sempat menutup jalur menuju spillway, namun karena banyaknya warga yang peasaran, jalur ini dibuka secara ilegal. Kami sangat menyayangkan tindakan itu.

Aliran Sungan Cibanten Yang Indah

Selanjutnya terdapat sungai Cibanten yang sangat luar biasa. Kalian bisa melewati sebuah jembatan yang dibuat melintang sampai tengah sungai Cibanten untuk melihat aliran sungai yang bersih.

Jembatan unik dengan cat biru kuning ini memiliki bentuk arsitektur yang unik, serta terdapat lampu taman yang berderet disisi kiri dan kanan jembatan ini.

Kalian bisa hunting foto dengan latar sungai dan juga pemandangan bukit yang indah. Tentu akan menjadikan foto kalian terlihat eksotis. Bahkan disore hari saat cuaca cerah, kalian akan mendapatkan pemandangan yang benar-benar eksotik.

Susana Yang Cocok Untuk Melepas Lelah

Jika kalian lelah dengan suasana perkotaan dan membutuhkan tempat beristirahat sejenak. Cobalah datang ke kawasan wisata Serang Banten ini.

Dengan suasana sunyi, udara segar ala pegunungan, serta pemandangan yang eksotis ala perbukitan akan membuat kalian merasa lebih rilex.

Bahkan kalian akan mendapatkan udara segar yang diberikan oleh pepohonan yang rindang disekitar kawasan Bendungan Sindang Heula ini.

Jika kalian tidak membawa makanan, kalian tidak perlu kawatir, karena terdapat banyak pedagang yang berjualan disekitar tempat wisata ini.

Kalian akan dimanjakan dengan suasana ala pegunungan, pemandangan dari Gunung Karang serta aliran sungai Cibanten.

Sebagai Tempat Bersepeda Yang Seru

Kalian senang bersepeda? Cobalah datang ke tempat wisata Di Serang ini. Kalian bisa bersepeda sambil menikmati pemandangan yang indah serta eksotis.

Kalian bisa berolahraga dengan sepeda pada pagi hari ataupun sore hari, agar bisa mendapatkan manfaat dari olahraga tersebut. Dan tentunya mendapatkan kesegaran suasana alam ala pegunungan.

Fasilitas Wisatawan Yang Memadai

Walui ini bendungan, tetapi fasilitas yang dibangun untuk wisatawan lokal maupun asing tergolong memadai. Kalian bisa menemukan area parkir yang cukup luas, kamar kecil untuk membuang air kecil serta air besar, bahkan terdapat warung-warung jajanan yang menjual kuliner di kawasan wisata ini.

Lokasi Bendungan Sindang Heula

Jika kalian tertarik untuk berkungjung kewisata buatan ini, kalian bisa datang ke Desa Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten. Untuk lebih jelasnya simak maps dibawah ini:

Itulah informasi seputar Wisata Banten buatan, yaituu Bendunagn Sindang Heula. Jika kalian berkunjung kesini selalu patuhi peraturan yang ada, agar wisata kalian menjadi wisata yang mengasikan dan tidak menjadi wisata yang buruk.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk menjadi referensi liburan kalian, dan semoga artikel ini  bisa menjawab pertanyaan seputar Bendungan Sindang Heula. Jika ada pertanyaan laiinya, bisa kalian sampaikan kepada kami melalui kolom komentar. Terima Kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak