Rekomendasi Tempat Wisata Di Banten

Rekomendasi Tempat Wisata Di Banten

Tempat Wisata Di Banten - Provinsi Banten merupakan provinsi yang sudah dikenal dengan sejarahnya. Banyak sekali sejarah yang terukir di provinsi ini.

Namun dibalik sejarah yang tersimpan, ternyata Provinsi Banten menyimpan sejuta pesona tempat wisata. Mulai dari situs bersejarah Kerajaan Banten, pantai yang mempesona, sampai dengn bukit-bukit yang memiliki pemandangan eksotis.

Letaknya yang berdekatan dengan Kota Bogor serta Provinsi Jakarta, Kota Banten ini menjadi tempat berlibur terfavorit dari banyak warga disekitarnya.

Kalian mencari tempat refensi untuk liburan? Berikut ini kami berikan rekomendasi tempat wisata di Banten yang bisa kalian kunjungi bersama keluarga tersayang ataupun teman-teman tercinta.

Gunung Pinang

Gunung Pinang

Wisata Alam Gunung Pinang sangat rekomendet untuk kalian yang suka dengan ketinggian. Kalian akan merasakan sensasi mendaki gunung dengan ketinggian 217 meter dengan jalur yang menantang dan ditemani pemandangan yang eksotis.

Tidak hanya pemandangan sepanjang jalur pendakian saja. Pada puncak Gunung Pinang ini, kalian akan dibuat terkagum-kagum dengan pemandangan alam Kota Serang dan Kota Cilegon.

Selain itu kalian akan bisa hunting foto atau berselfie ria disini, karena pihak pengelola sudah menyediakan berbagai wahana pendukung untuk membuat foto kalian terlihat instagramable.

Penasaran? Coba datang ke Desa Sukadalem, Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang, Banten, pada jam 08.00 sampai dengan 17.00, dan siap-siap untuk menikmati sensai pendakian gunung dengan pemandangan yang indah dan eksotis.

Istana Surosowan

Istana Surosowan

Wisata Sejarah Istana Surosowan merupakan tempat terfavorit para pecinta wisata sejarah di Banten. Ini karena wilayah Istana Surosowan yang dibangun pada tahun 1526, merupakan bukti dari kejayaan pada masa Kesultanan Banten di era pemerintahan Maulana Hasanudin.

Pada zona wilayah tempat wisata ini, kalian akan disambut dengan pemandangan indah serta sisa bagunan dari Istana Surosowan. Sehingga kalian akan merasakan sensasi dimasa era kejayawan Kesultanan Banten.

Ingin merasakannya? Coba datang ke Jl. Masjid Agung Banten, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, Banten. Tempat ini buka 24 jam seharinya, jadi kalian bisa kunjungi kapan saja saat kalian sempat.

Pantai Sambolo

Pantai Sambolo

Pantai Sambolo menjadi rekomendasi wisata pantai di Provinsi Banten. Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata pantai tervaforit di Kota Serang, Banten.

Disini kalian akan disambut dengan hamparan pasir putih, ombak-ombak yang lembut, serta pemandangan yang eksotis disekitarnya. Kalian juga bisa berseru-seruan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan mencoba berbagai wahana permainan yang sudah disediakan, seperti speed boat, jet ski dan lainnya.

Lokasinya yang strategis, terletak di Jl. Raya Anyer, Kecamatan Bandulu, Kabupaten Serang, Banten, menjadikan tempat wisata ini mudah dikunjungi. Kalian bisa datang kapanpun, karena tempat wisata yang satu ini buka setiap hari selama 24 jam perharinya.

Benteng Speelwijk

Benteng Speelwijk

Benteng Spellwijk merupakan tempat wisata bersejarah yang menjadi bukti bahwa Negara Belanda datang ke Indonesia. Benteng ini dibangun tahun 1684 dan berfungsi sebagai pertahanan Bangsa Belanda di jaman penjajahannya dahulu. Zona dari Benteng Spelwijk ini cukup luas dengan ketinggian benteng mencapai 3 meter.

Karena sejarahnya ditambah dengan pemandangan alam yang asri, zona Benteng Speelwijk sekarang menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang sering didatangi para pecinta sejarah di Banten.

Kamu bisa datang ke Kampung Pamarican, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, Banten untuk melihat sejarah benteng yang dibangun pada era penjajahan Belanda. Tempat ini buka setiap hari dengan waktu 24 jam perharinya.

Curug Bumi

Curug Bumi

Curug Bumi merupakan tempat wisata di Banten yang bertemakan alam. Curug ini memiliki keunikan pada bentuknya. Bentuknya berundak-undak dengan ketingian yang berbeda-beda dari 3 meter sampai dengan 5 meter.

Selain keunikannya ini, Curug Bumi ini juga memiliki keindahan alam yang eksotis. Jadi tidak heran jika wisata alam di Banten ini sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun nasional.

Kalian bisa ber-camping ground diwilayah curug ini. Kalian juga bisa berhunting foto yang instagramable disini. Jadi wisata yang satu ini tidak bisa kalian lewatkan.

Cobalah datang ke Mandalawangi, Kecamatan Pandeglang, Banten dan nikmati sensai alam yang sejuk dan menenangkan. Tempat wisata ini buka selama 24 jam seharinya dan buka setiap hari, jadi kalian bisa kunjungi kapanpun.

Hutan Kayu Putih Kragilan

Hutan Kayu Putih Kragilan

Hutan Kayu Putih Kragilan disebut dengan replika hutan pinus di Nami Island, Korea Selatan. Sehingga tidak heran, wisata ini menjadi wisata favorit dan terhits di Banten.

Kalian akan melihat pohon kayu putih yang berjejer dan tersusun rapih, serta suasana alam yang menenangkan. Tentu tempat ini sangat cocok untuk kalian yang ingin menghilangkan stes dan penat akibat aktifitas sehari-hari.

Selain itu kalian akan bisa hunting foto, karena tempat wisata alam di Banten ini merupakan spot foto yang cukup instagramable. Kalian akan mendapatkan hasil foto yang cantik.

Kalian ingin coba? Datanglah ke Tegalmaja, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten. Tempat ini buka setiap hari dan 24 jam sehari, jadi kalian bisa datang kapanpun.

Situ Rawa Arum

Situ Rawa Arum

Situ Rawa Arum menjadi pilihan terbaik untuk kalian yang suka dengan pemandangan danau yang indah dan suasana yang tenang. Karena seperti namanya, danau ini dimemiliki bau harum yang dihasilkan dari bunga teratai berada dipermukaan danau.

Kalianakan menemukan banyak sekali bunga tratai yang cantik menghiasi permukaan Situ Rawa Arum ini. Selain itu kalian juga akan menemukan pemandangan bukit yang eksotis diseitar danau ini.

Untuk menikmati semua itu, kalian bisa datang ke Tegalwangi, Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kabupaten Cilegon, Banten.

Rumah Hutan Cidampit

Rumah Hutan Cidampit

Rumah Hutan Cidampit menjadi rekomendasi tempat wisata di Banten yang bisa kalian kunjungi bersama keluarga tercinta. Karena disini kalian bisa bersantai bersama keluarga dirumah kayu dengan suasana hutan yang sejuk dan menenangkan.

Rumah Hutan Cidampit dikenal juga dengan Rumah Hutan Serang ini berlokasi didalam hutan kecil, tentu kalian akan menemukan banyak pohon rindang, suasana yang sejuk dan menenangkan, dan yang tidak kalah penting adalah pemandangan yang eksotis.

Untuk ke Rumah Hutan Cidampit ini, kalian harus pergi ke Bukit Cidampit, Kampung Bajong, Desa Sayar, Kecamatan Taktakan, Kabupaten Serang, Banten. Tempat ini buka setiap hari selama 24 jam perharinya.

Batu Gede Sayar

Batu Gede Sayar

Batu Gede Sayar bisa menjadi pilihan untuk kalian yang suka mendaki gunung. Karakter track yang menantang namun mudah dilalui serta dekat dengan pemukiman warga, tempat wisata pas untuk para pendaki pemula.

Tempat wisata ini masih jarang didatangi pengunjung, sehingga tempat ini masi sangat asri. Kalian akan menemukan pemandangan yang eksotis dipuncaknya dengan udara sejuk ala pegunungan. Pasti mengasikan.

Ingin mencobanya? Datanglah ke Desa Sayar, Kecamatan Taktaka, Kabupaten Serang, Banten. Tempat ini buka 24 jam setiap harinya dari hari Senin hingga hari Minggu.

Pulau Dua

Pulau Dua

Pulau Dua atau yang dikenal dengan pulau burung merupakan sebuah pulau tempat persinggahan burung ketika bermigrasi. Dipercaya dahulu pulau ini terpisah dengan Pulau Jawa oleh selat selebar 500 meter. Namun karena air yang surut, datarannya menyatu dengan Pulau Jawa.

Pemandangan yang indah, serta desiran ombak yang menyejukan akan membuat kalian terpesona dengan pulau ini. Kalian bisa ajak keluarga tercinta untuk berlibur disini, pasti akan sangat mengasikan.

Tempat wisata di Banten ini buka setiap hari dan 24 jam disetiap harinya, sehingga kalian bisa kunjungi kapanpun dan dengan siapapun selama kalian sempat.

Pulau Tiga

Pulau Tiga Banten

Pulau Tiga Banten atau yang disebut dengan Pulau Mojan Besar menjadi rekomendasi selanjutnya. Berlokasi di wilayah selat sunda, pulau ini masuk dalam kawasan administratif Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Pemandangan pantai yang indah serta suara desiran ombak yang membawa suara romantis dipulai ini semakin terasa. Kalian bisa menikmati suasa romantis dipulau ini.

Untuk menuju pulau ini sangat mudah, jika kalian menggunakan kendaraan umum, kalian bisa naik dari Terminal Pakupatan Kota Serang, kearah Pelabuhan karangantu yang lokasinyan didekat kawasan Banten Lama.

Setalah sampai disana kalian bisa menyewa perahu yang ada disana untuk menuju ke Pulau Tiga. Biasanya tarif yang diawarkan cukup murah dan tidak menguras kantong.

Untuk dermaga pulau tiga dan empat buka dari jam 07.00 sampai dengan 18.00, dari hari senin hingga hari minggu. Jadi pastikan kalian datang agak awal agar tidak tertinggal perahu dari dermaga ini.

Pulau Empat

Pulau Empat

Pulau Empat atau yang biasa disebut dengan Pulau Pemujan Kecil menjadi pilihan kalian untuk berwisata bersama kekasih. Letaknya yang tidak jauh dari Pulau Tiga, sehingga masih dalam kawasan administratif Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Diperkirakan pulai ini memiliki luas 2 hektar. Kalian akan disuguhkan pemandangan laut yang indah dihiasideretan pohon mangrove dipesisir pantai serta desiran ombak antara karang laut. Sungguh suasana yang sangat romantis dan menengkan.

Karena lokasinya tidak jauh dari Pulau Tiga, akses menuju kesana sama dengan menuju ke Pulau Tiga. Namun, jika beruntung kalian akan melihat kumpulan hewan lumba-lumba yang menari berenang seakan menari dipermukaan laut.

Untuk dermaga pulau tiga dan empat buka dari jam 07.00 sampai dengan 18.00, dari hari senin hingga hari minggu. Jadi pastikan kalian datang agak awal agar tidak tertinggal perahu dari dermaga ini.

Pulau Lima

Pulau Lima

Pulau Lima berbeda dengan pulau-pulau sebelumnya. Pulai ini terkenal dengan pasir putihnya serta airnya yang jernih, sehingga tidak heran pulau ini menjadi pilihan terfavorit wisatawan lokal dan juga mancanegara.

Untuk kepulau ini kalian harus menyebrangi lautan melalui pelabuhan karangantu, dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit dari pelabuhan.

Disini buka selama 24 jam dan setiap hari, jadi kalian bisa menginap dipulau ini dan berhunting foto. Spot foto yang paling bagus adalah ketika sunrise.

Pantai Karang Tareje

Pantai Karang Tareje

Pantai Karang Tereje memiliki keunikan tersendiri. Kalian akan melihat batu karang yang menjulang keatas permukaan, dan keunikannya akan terbentuk ketika ombak menerjang batu karang itu dan membentuk air terjun yang turun dari batu karang.

Air terjun ini menjadikan pemandangan dipantai ini menjadi eksotis. Ditambah dengan hembusan angin pantai yang menyejukan. Pasti kalian akan semua rasa setres kalian akibat aktifitas sehari-hari akan hilang, dan kalian siap menjalani hari-hari selanjutnya.

Untuk kepantai Karang Tareje kalian harus pergi ke Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Pantai ini buka setiap hari dan 24 jam disetiap harinya.

Pantai Mabak

Pantai Mabak

Pantai Mabak menjadi tempat wisata di Banten selanjutnya. Mungkin kalian asing dengan nama pantai ini, namun banyak wisatawan asing yang datang kepantai ini.

Jika kalian sedikit menyebrangi pantai ini, kaliaan akan menemukan pulau kecil yang bernama Merak Kecil. Pulau Merak Kecil ini tidak kalah cantik dengan pulau-pulau lainnya.

Kalian bisa berhunting foto di Pantai Mabak dan juga Pulau Merak Kecil, dijamin foto kalian akan terlihat instagramable dan akan terlihat sangat bagus.

Kalian bisa ke Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kabupaten Cilegon, Banten untuk menikmati indahnya Pantai Mabak. Pantai ini buka 24 jam setiap harinya sehingga kalian bisa datang kapanpun.

Water World Citra Raya

Water World Citra Raya

Water World Citra Raya bisa menjadi Tempat Wisata di Banten yang rekomended untuk wisata keluarga. Karena seperti namanya Water World Citra Raya merupakan tempat rekreaasi air yang penuh dengan wahana permainan bertemakan air.

Selain wahana permainan yang seru, tempat wisata air di Banten ini juga memliki kolam pasir yang dibuat mirip dengan pantai. Sehingga kalian tidak perlu kepantai untuk bermain pasir pantai.

Jika ingin merasakan wahana seru di Water Word Citra Raya, kalian harus datang ke Jl. Citra Raya Utama Timur, Mekar Bakti, Kecamatan Cikupata, Kabupaten Tanggerang, Banten. Tempat ini buka dari jam 09.00 sampai dengan 17.00 pada hari senin sampai dengan jum'at. Dan buka dari jam 08.00 sampai 17.00 pada hari sabtu dan minggu.

Pantai Karang Songsong

Pantai Karang Songsong

Pantai Karang Songsong memiliki daya tarik yang berbeda dari jenis pantai lainnya. Pantai ini memiliki banyak batu karang yang menjorok ke laut lepas membuat pantai ini terlihat begitu eksotis, terutama ketika sunrise datang.

Selain itu, pantai ini dikelillingi banyak pohon mahoni yang membuat pemadangan disekeliling pantai ini terlihat indah serta menyejukan.

Kalian bisa datang ke Cibodas, Karangkamulyan, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten, untuk menikmati indahnya Pantai Karang Songsong. Pantai ini buka 24 jam setiap harinya.

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong memiliki daya tarik pada sebuah batu karang yang bolong membentuk gerbang, seperti namanya bukan. Lubang pada batu karang tersebut disebabkan oleh erupsi Gunung Krakatau.

Bukan hanya itu saja, desiran ombak yang halus serta udara yang berhembus membuat kalian akan merasakan rileks dan melepas semua stres akibat aktifitas keseharian.

Kalian juga bisa berseru ria bersama teman-teman ataupun sanak saudara dengan mencoba beberapa wahana permainan yang disediakan disana. Atau kalian bisa mendaki bukit dari batu karang yang ada disana.

Coba kunjungi Pantai Karang Bolong di Karang Suraga, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten, dan nikmati keseruannya. Kalian bisa datang pada hari apapun dan jam berapapun, karena tempat yang satu ini buka setiap hari, dan 24 jam setiap harinya.

Pulau Sangiang

Pulau Sangiang

Pulau Sangian menjadi rekomendasi tempat wisata di Banten selanjutnya. Sebelum dibuka menjadi tempat wisata, pulau ini difungsikan menjadi cagar alam. Jadi tempat wisata ini masih terjaga keasriannya.

Selain itu pemandangan yang eksotis, kalian bisa berseru-seruan bersama keluarga ataupun teman-teman kalian dengan berenang, menyelam atau snorkeling dan lainnya.

Selain berwisata ria dan hunting foto yang instagramable, kalian juga bisa berwisata sejarah di sisa benteng yang dibangun Bangsa Jepang pada saat Perang Dunia II silam.

Pulau Sangiang ini berlokasi di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, Banten. Buka setiap hari dari jam 05.00 sampai dengan 19.00.

Pantai Carita

Pantai Carita

Pantai carita ini pasti sudah kalian kenal. Terkenal dengan pasir putihnya yang lembut serta air lautnya yang jernih serta pemandangan pantai yang eksotis, membuat pantai yang satu ini menjadi salah satu tempat wisata di Banten yang terpopuler.

Dengan banyaknya touris asing, nasional maupun lokal, membuat pantai ini memiliki banyak penginapan atau tempat makan yang berdiri disekitarnya. Sehingga kalian tidak perlu takut lagi jika kalian harus menginap disini. Kalian juga bisa mencoba berbagai kuliner khas Banten dirumah makan sekitar pantai ini.

Untuk kepantai ini kalian harus datang ke Kabupaten Pandenglang, Banten. Kalian bisa datang kapanpun, karena tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam perharinya.

Pantai Cihara

Pantai Cihara

Pantai Cihara mejadi rekomendasi untuk kalian yang menginginkan tempat wisata bertemakan pantai di Banten dengan suasana yang berbeda dari yang lainnya.

Dipantai ini kalian akan menemukan tebing-tebing tinggi yang mempesona serta pasir pantai yang halus. Dan yang membedakan dari yang lainnya adalah landscape persawahan yang indah terlihat dari pantai yang satu ini.

Penaasaran dengan panoramanya? Coba datang ke Cibobos, Karangamulyan, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten. Pantai ini buka setiap hari daari jam 05.00 sampai dengan 21.00.

Pantai Pelabuhan Merak

Pantai Pelabuhan Merak

Pantai Pelabuhan Merak juga merupakan pantai yang memiliki keunikan tersendiri. Kalian tidak hanya mendapatkan pemandangan pantai yang seperti pada umumnya, namun kalian akan melihat puluhan kapal yang berlbuh dan berangkat.

Disini kalian akan mendapatkan gambaran industrial laut Indonesia. Jadi kalian bisa berwisata sambil belajar di Pantai Pelabuhan Merak ini. Kalian juga bisa hunting foto yang instagramable dengan lanscape pantai yang indah serta puluhan kapal yang siap untuk pergi.

Pantai Pelabuhan Merak ini berada di Jl. Pelabuhan Merak No. 4, Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kabupaten Cilegon, Banten. Tempat ini buka 24 jam setiap harinya.

CAS Waterpark Cikole

CAS Waterpark Cikole

CAS Waterpark Cikole merupakan tempat wisata yang bertemakan air dengan berbagai wahana permainan yang seru. Kalian bisa mengajak sanak saudara ataupun teman-teman kalian untuk berseru-seruan bareng disini.

Dengan luas lahan yang mencapai 8 hektar, tentu tempat wisata yang satu ini memuat banyak wahana permain. Diantaranya adalah kolam bola, kolam gurita, naga putarm mini bioskop 4D, rumah hantu dan lainnya. Namun untuk menikati wahana permainan yang ada didalamnya kalian dikenakan biaya tambahan perwahananya.

CAS Waterpark Cikole berada di Jl. AMD Lintas Cikole, Sukaratu, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang, Banten. Tempat wisata ini buka setiap hari dari jam 07.00 sampai dengan 17.00.

Situ Cipondoh

Situ Cipondoh

Situ Cipondoh merupakan danau yang dterbentuk secara alami yang kemudian dikelola oleh warga sekitar sehingga menjadi tempat wisata yang indah.

Bertemakan wisata murah meriah, danau ini menyajikan berbagai wahana seru seperti sepeda air, perahu serta flying fox dengan harga murah. Kalian juga bisa menyisipi berbagai makanan khas Banten yang murah meriah.

Situ Cipondoh ini berlokasi di Jl. KH Hasyim Asri, No. 99 Desa Cipondoh, Kecamatan Cipondoh, Kota Tanggerang, Banten. Tempat ini buka setiap hari dari jam 07.00 sampai dengan 17.00

Museum Lengkong

Museum Lengkong

Museum Lengkong merupakan tempat wisata di Banten yang bertemakan sejarah. Museum ini dibangun dengan tujuan mengenang jasa para pahwalan taruna dan juga perwira ketika Pertempuran Lengkong silam.

Wisata sejarah Banten ini sering digunakan untuk memperingati Peristiwa Pertempuran lengkong setiap tahunnya. Selain itu, disini juga terukir nama-nama pahlawan yang gugur ketika peristiwa itu.

Museum Lengkong berlokasi di Lengkong Wetang, Kecamatan Serpong, Kabupaten Tanggerang Selatan, Banten. Tempat bersejarah ini buka setiap hari dari jam 08.00 sampai dengan 17.00.

Pantai Tanjung Pasir Teluk Naga

Pantai Tanjung Pasir Teluk Naga

Pantai Tanjung Pasir menjadi rekomendasi tempat wisata di Banten selanjutnya. Di pantai ini kalian akan menemukan hutan mangrove yang sangat luas. Zona mangrive ini menjadi spot memancing terfavorit disini.

Hal unik lainnya, kalian akan sering melihat pesawat terbang lalu lalang dilangit yang biru, ini karena lokasi dari pantai ini dekat dengan Bandara Soekarno Hatta.

Pantai Tanjung Pasir Teluk Naga berlokasi di Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tanggerang, Banten. Pantai ini buka 24 jam setiap harinya.

Pantai Anyer

Pantai Anyer

Pantai Anyer merupakan salah satu tempat wisata di Banten yang tervaforit, jadi sangat tidak asing untuk kalian dengan nama Pantai Anyer ini bukan?

Keindahan hamparan pasir putih yang halus, hembusan angin yang menyejukan serta desiran ombak yang menenangkan membuat wisata pantai di Banten ini menjadi pilihan yang pas untuk refreshing.

Kalian bisa mencoba beberapa wahana yang tersedia disana. Selain itu Karakter ombak yang cukup tinggi, membuat pantai yang satu ini juga sering digunakan untuk bermain surfing. Yang pasti akan seru jika kalian berkungjung ke wisata pantai Banten ini.

Pantai Anyer berlokasi di Jalan Raya Anyer, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Pantai Anyer ini buka setiap hari dan 24 jam setiap harinya.

Gunung Krakatau

Gunung Krakatau

Gunung Krakatau sangat cocok untuk kalian yang suka mendaki gunung dan tantangan disetiap traknya. Gunung yang dikenal oleh mancanegara ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis.

Kalian bisa mendaki gunung maupun menyelam atau diveing. Tenang disini tersedia pemandu untuk mendaki ataupun divieng, sehingga kalian tidak akan mengalami kesulitan nantinya.

Gunung Krakatau ini berada di Selat Sunda, sehingga kalian harus menyebrang untuk sampai ke gunung ini. Jam operasional tempat wisata ini setiap 06.00 sampai dengan 17.00. Yang disayangkan adalah tiket masuk yang diperkirakan sampai dengan Rp. 470.000 sampai dengan Rp. 520.000, cukup mahal.

Pantai Ciputih

Pantai Ciputih

Pantai Ciputih bisa menjadi tempat wisata yang rekomendasi untuk kalian yang suka dengan suasana alami. Dengan sebutan Surga Banten Yang Tersembunyi, pantai ini masih jarang orang yang mengenalnya.

Kalian akan disambut dengan hamparan pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, serta pemandangan alam yang eksotis. Dengan karakter ombak yang cukup tinggi, pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tepat surfing.

Pantai Ciputih berlokasi di Ujung Kulon National Park, Kabupaten Pandeglang, Banten. Pantai Ciputih buka setiap hari dari jam 05.00 sampai dengan 22.00.

Gunung Karang

Gunung Karang

Gunung Karang tidak kalah indah dengan tempat wisata di Banten yang lainnya. Keadaan alam yang masih terjaga serta terdapat goa di sekelilingnya membuat tempat wisata ini menjadi begitu terlihat eksotis.

Hal yang menarik lainnya terlihat kerika kalian mulai menjelajahi gunung ini ketika musim panas, kalian akan disambut dengan deretan tanaman angrek liar yang indah.

Gunung Karang ini berlokasi di Gunung Karang, Saninten, Kecamatan Keduhejo, Kabupaten Pandeglang, Banten. Gunung ini buka setiap hari dari jam 05.00 sampai dengan 17.00.

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon sangat rekomendasi untuk kalian yang ingin belajar tentang hewan endemik Indonesia. Karena hanya disini kalian bisa melihat beberapa hewan endimik, seperti Badak Jawa, Owa Jawa, Surili dan Anjing Hutan.

Taman Nasion Ujung Kulon ini juja sudah ditetapkan sebagai wasisan budaya dunia oleh UNESCO, jadi sudah bisa dipastikan alam disini akan dijaga dengan baik.

Kalian bisa berseru-seruan dengan teman-teman kalian seperti trekking sambil explore alam sekitar atau berkemah. Pasti kalian tidak akan bosan berlama-lama disini.

Taman Nasional Ujung Kolon ini berlokasi di Cimanggung, Kecamatan Pandeglang, Banten. Buka setiap hari dari jam 08.00 sampai dengan 17.00.

Air Terjun Gendang

Air Terjun Gendang

Air Terjun Gendang, penamaan ini diambil dari bunyi air terjun yang jatuh kebawah, seperti gendang. Penamaan yang unik bukan? Namun bukan hanya itu saja daya tarik tempat wisata di Banten ini.

Pemandangan alam yang indah serta sejuknya udara disana, membuat tempat ini menjadi tempat yang harus kalian kunjungi. Disini kalian juga bisa berhunting foto dengan latar alam yang eksotis serta berenang disungai tempat jatuhnya air terjun ini.

Namun jika kalian berenang disungai ini, kalian harus berhati-hati. Karena memiliki kedalam yang berbeda disetiap bagiannya.

Air Terjun Gendang ini berada di Kecamatan Cirata, Kabupaten Pandenglang, Banten. Tempat ini buka setiap hari dari jam 08.00 sampai dengan jam 20.00.

Sungai Ciberang

Sungai Ciberang

Sungai Ciberang menjadi tempat wisata di Banten terfavorit untuk para pecinta wahana ekstrem. Karena disini kalian bisa ber arung jerem menelusuri aliran sungai yang liar, pasti adrenalin kalian akan terpacu.

Selain itu, disini kalian juga akan disambut dengan pemandangan alam yang eksotis, bukit-bukit yang memukau dan juga persawahan yang indah untuk dipandang.

Sungai Ciberang ini berlokasi di Kampung Muhara, Kecamatan Lebakgendong, Kabupaten Lebak, Banten. Tempat ini buka dari jam 08.00 sampai dengan 17.00.

Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung tidak kalah menarik dengan pantai-pantai yang ada di Banten. Pantai yang terkenal dengan pasirnya yang bersih dengan airnya yang jernih ini bisa menjadi pilihan yang tempat berlibur di Banten yang pas.

Kalian bisa hunting foto yang instagramable disini, selain itu kalian bisa bersnorkling sambil melihat indahnya dunia bawah lauit yang dihiasi dengan terumbu dan warna warninya ikan.

Pantai Tanjung Lesung berlokasi di Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Tempat ini buka dari jam 08.00 sampai dengan 17.25.

Pantai Sawarna

Pantai Sawarna

Pantai Sawarna merupakan tempat wisata di Banten yang bertemakan pantai selanjutnya. Destinasi wisata ini memiliki berbagai jenis spot foto yang menarik dan indah, kalian tidak akan kehabisan ide berselfi ria disini.

Selain itu, kalian juga bisa mengujnungi tempat wisata yang tidak jauh dari sini, seperti Goa Seribu Candi, Makam Jean Louis Van Gogh, Goa Kanekes, dan juga Goa Harta Karun.

Pantai Sawarna ini berlokasi di Koplek Tanjung Layar, Blok Ciantir, Desa Sawarna, Kabupaten Lebak, Banten. Tempat ini buka dari jam 05.00 sampai dengan 19.00.

Pemandian Cikoromoy

Pemandian Cikoromoy

Pemandian Cikoromoy merupakan tempat wisata yang dikenal dengan tempat wisata pemandian umum yang merakyat. Karena pemandian yang dikelola oleh warga ini memiliki tarif yang murah dan air yang jernih.

Air yang digunakan untuk pemandian umum di Banten ini adalah air yaang berasal dari mata air pegunungan, sehingga sudah bisa dipastikan kesegaran air dari tempat pemandian umum di Banten ini.

Pemandian Cikoromoy berada di Jalan Batu Tulis, Lebak, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten. Tempat ini buka dari jam 08.00 sampai dengan 20.00.

Kota Kuno Banten

Kota Kuno Banten

Kota Kuno Banten merupakan tempat wisata bersejarah di Banten yang harus kalian kunjungi. Karena disini kalian akan belajar banyak tentang kerajaan Banten.

Kalian akan menemukan sisa-sisa bangunan dari kompleks kerajaan Banten yang unik dan menarik untuk dipelajari. Kalian juga bisa berselfi ria dengan bagunan unik ini, dijamin foto kalian akan instagramable.

Kota Kuno Banten berlokasi di Jl. Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, Banten. Tempat wisata ini buka dari jam 08.00 sampai dengan 17.00.

Kandang Jurank Doank

Kandang Jurank Doank

Kandang Jurank Doank merupakan destinasi wisata di Banten yang sangat seru dan mengasikan. Ini karena ditempat wisata yang satu ini memiliki berbagai paket wisata yang menarik untuk dicoba.

Kalian akan mendapatkan keseruan-keseruan, seperti outbond, berkemah, memancing dan banyak lagi. Yang pasti kalian tidak akan bosan dan ingin mencobanya terus.

Kandang Jurank Doank berlokasi di Kompleks Alvita Blog Q, Sawah Baru, Kecapatan Ciputat, Kabupaten Tanggerang Selatan, Banten. Buka dari jam 10.00 sampai dengaan 09.00.

Pulau Peucang

Pulau Peucang

Pulau Peucang bisa kalian masukan daftar tempat wisata yang kalian kunjungi ketika kalian berlibur ke Ujung Kulon. Karena lokasi yang tidak jauh dari ujung kulon, kalian cukup menggunakan perahu untuk menuju kesini.

Ketika sampai dipulau ini, kalian akan disambut dengan indahnya alam sekitar serta susana yang menenangkan. Kalian juga bisa berhunting foto, snorkeling, dan trakking sambil mengeksplor alam sekitar.

Pulau Peucang berlokasi tidak jauh dari ujung kulon, yaitu Kabupaten Pandeglang, Banten. Buka dari jam 07.30 sampai dengan 21.00. Kalian bisa menyebraang pada waktu yang ditentukan.

Curug Betung

Curug Betung

Curug Betung menjadi destinasi wisata alam di Banten yang bisa kalian kunjungi selanjutnya. Disini kalian akan mendapatkan pemandangan air terjun yang eksotis yang berlatar alam indah.

Karena tempat ini masih jarang dikunjungi, tempat wisata di Banten ini masih terjaga keasriannya, sehingga kalian akan merasakan suasana yang tenang dan sejuk.

Namun, kalian hanya bisa sampai curug kecil saja, karena curug besar masih ditutup. Ini karena medan yang harus dilalui untuk sampai kecurug besar masih tergolong berbahaya, perlu pengalaman khusus untuk sampai kesana.

Curug Betung berlokasi di Kubang Baros, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten. Buka setiap hari, dari jam 06.00 sampai dengan jam 17.00.

Pantai Cibeureum

Pantai Cibeureum

Pantai Cibeureum menjadi alternatif yang pas untuk kalian yang tidak suka dengan pantai yang terlalu ramai. Lokasinya yang tidak jauh dari Pantai Anyer menjadikan pantai yang satu ini dipilih ketika pantai Anyer penuh dengan pengunjung.

Keindahan pantai ini menjadikan Pantai Cibeureum sering dijadikan spot foto prewedding. Kalian tentu bisa berselfi ria disini serta bermain air ataupun beristirahat digubuk kecil yang sudah disediakan.

Pantai Cibeureum berlokasi di Jl. Raya Anyer, Karang Bolong Km 131, Kecamatan Cinangkan, Kabupaten Serang, Banten. Buka setiap hari dan 24 jam setiap harinya.

Gunung Pulosari

Gunung Pulosari

Gunung Pulosari pasti tidak asing untuk kalian yang suka melakukan pendakian gunung. Dengan ketinggian 1.300 MDPL dengan karakter track yang mudah, menjadikan gunung yang satu ini menjadi gunung yang cocok untuk para pemula.

Kalian bisa merasakan sensai mendaki yang ringan Gunung Pulosari yang berlokasi di Pulosari, Pasireurih, Kecamatan Cipeucang, Kabupaten Padeglang, Banten. Buka setiap hari jam 06.00 sampai dengan 18.00.

Pantai Marina

Pantai Marina

Pantai Marina menjadi tempat wisata di Banten lainnya yang menjadi rekomendasi kami. Keindahan alam yang begitu mempesona, terutama ketika sunrise. Kalian akan melihat sebuah pemandangan alam yang benar-benar eksotis.

Karena banyaknya pengunjung dipantai ini, disekitar kawasan banyak dibangun resor yang membuat pantai ini benar-benar terawat. Jadi jangan diragukan lagi untuk kebersihan dan kerapian dari Pantai Marina ini.

Pantai Marina berada di Desa Karang Suraga, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten. Buka setiap hari dari jam 05.00 sampai dengan 20.00.

Pantai Pasir Putih Florida

Pantai Pasir Putih Florida

Pantai Pasir Putih Florida memiliki daya darik seperti namanya, pasir putih yang halus dan lembut dibandingkan pantai-pantai yang lainnya. Pantai ini juga dikenal dengan keindahan alam yang mempesona ketika matahari terbenam.

Jadi tidak heran jika pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di Banten terfavorit untuk wisata asing maupun lokal. Kalian juga bisa berseruseruan dengan beberapa wahana yang ada disana.

Pantai Pasir Putih Florida berada di Jl. Raya Karang Bolon, Sindanglaya, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten. Tempat ini buka setiap hari dan 24 jam setiap harinya.

Pantai Jambu

Pantai Jambu

Pantai Jambu ini bisa kalian masukan dalam list kunjungan kalian jika kalian datang ke Pantai Karang Bolong ataupun pantai Anyer. Ini karena lokasinya yang tidak jauh dengan kedua pantai tersebut.

Memiliki daya tarik yang berbeda, yaitu pada kubangan air yang terbentuk dari cerukan karang. Selain itu disekitar wilayahnya, banyak terdapat akomodasi penginapan dan juga restoran yang bisa memanjakan kalian ketika berlibur.

Patai Jambu terletak di Bulakan, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten. Buka setiap hari dan 24 jam disetiap harinya, jadi kalian punya banyak waktu untuk berkungjung kepantai di Banten ini. 

Pulau Cangkir

Pulau Cangkir

Pulau Cangkir menjadi pulau yang memiliki daya tarik terlengkap. Kalian bisa mengexplor tempat ini baik dari segi alam, segi sejarah hingga segi spiritualnya.

Kalian akan menemukan pemandangan air laut yang jernih serta hutan bakau yang eksotis. Kalian juga bisa berwisata religi dengan mengungjungi makam Syeikh Waliyuddin di pulau ini.

Pulau Cangkir terletak di Kronjo, Kabupaten Tanggerang, Banten. Buka setiap hari dan 24 jam disetiap harinya. Kalian bisa berkungjung kapanpun selagi kalian sempat.

Pulau Umang

Pulau Umang

Pulau Umang memiliki daya tarik yang lengkap jika ditinjau dari segi fasilitas. Kalian akan menemukan berbagai resor, restoran, sampai dengan sarana hiburan seperti tempat karaoke dan lainnya.

Ini karena pulau ini dikelola dengan cara yang sangat profesional oleh pihak swasta. Jadi tidak diragukan lagi keistimewaan pulau ini. Namun dampaknya adalah harga masuknya yang cukup mahal.

Pulau Umang berlokasi Sumber Jaya, Kecamayan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Tempat ini buka setiap hari dengan jam operasi dari 06.00 sampai dengan 18.00. 

Curug Putri

Curug Putri

Curug Putri dikenal dengan Little Green Canyon. Ini karena tempat wisata di Banten ini memiliki pemandangan yang tidak kalah bagusnya dengan Green Canyon, Amerika Serikat.

Namun untuk mencapai tempat wisata ini, kalian harus melakukan hiking dengan waktu kurang lebih 40 menit. Tetapi setelah samapai di lokasi, rasa lelah kalian akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah dari Curug Putri.

Curug Putri ini berlokasi di Sanghiangdengdek, Pulosari, Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten. Tempat ini buka setiap hari dan 24 jam disetiap harinya.

Perkampungan Tradisional Baduy

Perkampungan Tradisional Baduy

Perkampungan Tradisional Baduy merupakan tempat wisata di Banten yang menjadi ikonik Provinsi Banten. Ini karena Suku Baduy merupakan suku asli dari Provinsi Banten.

Perkampungan Baduy dibagi menjadi dua, Badui Luar dan Badui Dalam. Untuk Baduy luar, kalian bisa  masuk dengan membawa peralatan yang sudah modern, seperti kamera dan sejenisnya.

Namun untuk Suku Baduy dalam, kalian harus melepas semua peralatan canggih kalian. Ini karena Suku Baduy berusaha menjaga perkamupangannya dari moderenisasi untuk kelestariaan dan keseimbaangan alam mereka.

Perkambunagn Tradisional Baduy berada di Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Tempat wisata ini buka setiap hari dari jam 06.00 sampai dengan 17.00.

Air Terjun Cihear

Air Terjun Cihear

Air Terjun Cihear menjadi rekomendasi kami untuk kalian yang suka dengan alam yang masih asri. Tempat wisata di Banten ini masih jarang dikunjungi, karena lokasinya yang tersembunyi.

Untuk sampai kesini kalian harus menempuh jalah yang cukup jauh, kurang lebih 20 menit perjalanan. Namun, sesampainya disana kalian akan disambut dengan pemandangan indah Air Terjun Cihear yang didominasi dengan bukit tinggi yang indah dan alam yang eksotis.

Air Terjun Cihear berlokasi di Lebaksitu, Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Banten. Tempat ini buka setiap hari dari jam 06.00 sampai dengan 17.30.

Danau Tasikardi

Danau Tasikardi

Danau Tasikardi merupakan danau buatan yang digunakan untuk pengiran warga sekitar. Air didanau ini diambil dari Sungai Cibanten daan ditampung untuk pengairan.

Sebelumnya, danau ini digunakan oleh Kesultanan Banten sebagai tempat wisataa para warga dijaman Kerajaan Banten. Jadi kalian akan merasakan sebuah sejarah yang terbentuk disini.

Danau Tasikardi berlokasi di Jl. Banten Lama, Pegadingan, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten. Tempat ini buka setiap hari dari jam 09.00 sampai dengan 17.00.

Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten merupakan salah satu masjid peninggalan Kerajaan Banten yang menjadi ikonik tempat bersejarah di Banten. Dengan gaya arsitektur yang unik, percampran dari gaya Eropa, gaya Cina, dan Jawa.

Masijid yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Mulana Hasanudin ini, sangat dijaga dengan baik dan masih digunakan untuk tepat beribadah hingga saat ini.

Masjid Agung Banten berlokasi di Jl. Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, Banten. Tempat ini buka setiap hari selama 24 jam perharinya, jadi kalian bisa datang kapanpun untuk beribadah di masjid ini.

Pemandian Air Panas Cisolong

Pemandian Air Panas Cisolong

Pemandian Air Panas Cisolong merupakan pemandian yang berbentuk kolam terbuka. Air panas yang berasal dari pegunungan ini, banyak dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit dan juga nyeri sendi.

Pemandian Air Panas Cisolong berlokasi di Desa Sukamana, Kecamatan Keduhejo, Kabupaten Pandeglang, Banten. Tempat ini buka setiap hari dari jam 07.00 sampai dengan 21.00.

Danau Rawa Dano

Danau Rawa Dano

Danau Rawa Dano merupakan cagar alam yang masih terjaga keasriaannya. Disini kalian bisa melihat alam yang begitu indah dan eksotis, serta hewan-hewan rawa khas Indonesia, seperti reptil, burung dan lainnya.

Pada waktu sore hari kalian akan melihat kabut yang unik menyerupai kapas lembut. Pasti kalian akan terbawa suasana yang begitu romantis didanau ini.

Danau Rawa Dano berlokasi di Batukuwang, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Banten. Tempat ini buka 24 jam setiap harinya, jadi kalian bisa merasakan sensai indahnya danau ini kapanpun kalian mau.

Pulau Panaitan

Pulau Panaitan

Pulau Panaitan merupakan pulau yang sangat dekat dengan Kawasan Ujung Kulon. Jadi kalian bisa masuk masukan Pulau Panaitan sebagai list wisata kalian ketika mengunjungi Kawasan Ujung Kulon.

Tempat wisata di Banten ini, sering dijadikan tempat surfing yang terfavorit. Ini karena karakter ombak dari laut di sekitar Pulau Panaitan ini terkenal besar.

Pulau Panaitan berlokasi di Ujungjaya, Sumur, Kecamatan Pandeglang, Banten. Tempat ini buka dari jam 06.00 sampai dengan 17.30. Kalian bisa menyebrang menggunakan perahu dipelabuhan dekat Kawasan Ujung Kulon.

Telaga Biru Cigaru

Telaga Biru Cigura

Telaga Biru Cigaru memiliki daya tarik pada warna airnya yang dapat berubah-ubah, menjadi warna biru, hijau, dan tosca. Telaga yang terbentuk karena galian pasir ditahun 2006-2012 ini, menjadi wisata terfavorit para penghunting foto.

Selain warna danau yang unik, pemandangan yang indag dan udara yang begitu menyegarkan, sehingga tidak heran tempat ini juga menjadi tempat yang digunakan untuk foto prewedding.

Telaga Biru Cigura berlokasi di Jl. Cigura, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tanggerang, Banten. Tempat ini buka setiap hari dari jam 06.00 sampai dengan 18.00.

Tebing Koja Kandang Godzilla

Tebing Koja Kandang Godzilla

Tebing Koja Kandang Godzilla merupakan tempat wisata yang harus kalian kungjungi untuk kalian yang suka dengan film Godzilla. Penamaan ini diambil dari sebuah tebing yang mirip dengan Godzilla pada filmnya.

Kalian akan disambut dengan pemandangan bukit-bukit yang eksotis serta alam sekitar yang indah. Terutama ketika matahari terbenam, keindahan alam yang disajikan tidak ada duanya.

Tebing Koja Kandang Godzilla berlokasi di Cireundeu, Kecamatan Solear, Kabupaten Tanggerang, Banten. Buka setiap hari dari jam 05.00 sampai dengan 18.00.

Itulah Rekomendasi Tempat Wisata Di Banten yang bisa kalian kunjungi bersama keluarga tercinta ataupun teman-teman tersayaang. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam menentukan tempat wisata di Banten yang akan kalian pilih untuk berlibur.

Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, kalian bisa tulis dikolom komentar. Dan jika ada kesalahan dalam artikel ini kalian bisa hubungi kami ataupun menulisnya dalam kolom komentar, agar kami bisa perbaiki segera. Terima Kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak